Minggu, 01 Maret 2009

Kelebihan Murai Watu Balak

Anggapan banyak orang kalau Murai Batu (MB) Balak mempunyai keistimewaan/kelebihan pada volume suaranya yang tembus melengking dengan lagu bervariasi mungkin tidak berlebihan, sebab Murai Batu Balak merupakan perpaduan dari dua jenis Murai Batu terbaik di Indonesia. Perpaduan tersebut tentunya akan saling melengkapi antara kualitas Murai Batu ekor putih (White tail) dan kualitas Murai Batu ekor hitam (Black tail) yang dipadukan menjadi satu.

Sebelum kita membahas perihal Murai Batu (MB) Balak, terlebih dulu kita harus mengetahui dulu menyerupai apa struktur dan contoh ekor Murai Batu (MB).

Struktur bulu ekor Murai Batu (MB) terdiri dari dua bagian, yaitu:

• Ekor penyangga

Bentuknya kecil-kecil dengan ukuran yang lebih pendek dari ekor lainnya dan letaknya dibagian bawah/samping yang berfungsi sebagai penyangga/penahan ekor utama.

• Ekor utama

Bentuknya lebih panjang, terletak dibagian atas/tengah yang menjadi mahkota dari seekor Murai Batu (MB).

Berdasarkan warna ekornya, Murai Batu (MB) di Indonesia digolongkan menjadi dua jenis yaitu:

1. Murai Batu (MB) ekor putih (White rumped shama).

2. Murai Batu (MB) ekor hitam (Black tail shama).

Murai Batu (MB) ekor putih (White tail), mempunyai struktur ekor 4 pasang bulu ekor penyangga berwarna putih dan 2 pasang bulu ekor utama berwarna hitam, dan ada juga yang mempunyai struktur ekor 3 pasang bulu ekor penyangga berwarna putih dan 3 helai bulu ekor utama yang berwarna hitam.

Murai Batu (MB) ekor hitam (Black tail), semua bulu ekornya berwarna hitam, baik bulu ekor penyangga maupun bulu ekor utama, dengan contoh struktur 4 pasang bulu ekor penyangga dan 2 pasang bulu ekor utama. Dan ada juga yang mempunyai contoh struktur 3 pasang bulu ekor penyangga dan 3 pasang bulu ekor utama.

Selain dua jenis Murai Batu (MB) berdasarkan warna bulu ekornya tersebut, masih ada satu lagi jenis Murai Batu yang mempunyai contoh ekor dengan perpaduan warna antara ekor hitam dan ekor putih pada penggalan bulu ekor penyangganya, atau yang biasa disebut Murai Batu Balak.

Murai Batu (MB) Balak dibedakan lagi menjadi beberapa macam berdasarkan jumlah ekor balaknya, antara lain:

• Murai Batu (MB) Balak dua, jikalau terdapat 2 helai bulu ekor yang mempunyai perpaduan warna hitam dan putih pada bulu ekor penyangganya.

• Murai Batu (MB) Balak empat, jikalau terdapat 4 helai bulu ekor dengan perpaduan warna hitam dan putih pada bulu ekor penyangganya.

• Murai Batu (MB) Balak enam, jikalau terdapat 6 helai bulu ekor dengan perpaduan warna hitam dan putih.

• Murai Batu (MB) Balak delapan jikalau terdapat 8 helai bulu ekor dengan perpaduan warna hitam dan putih.

Menurut gosip yang berkembang dikalangan penghobi Murai Batu (MB), bahwa Murai Batu Balak yaitu jenis Murai Batu langka yang punya keistimewaan/kelebihan pada vokalnya yang tembus melengking dengan variasi lagu yang melimpah.

Menurut pendapat dari para pakar Murai Batu (MB), bahwa terjadinya fenomena Murai Batu Balak merupakan hasil dari kawin silang alami antara Murai Batu ekor putih (White tile) dengan Murai Batu ekor hitam (Black tile), Karena kemungkinan adanya migrasi/perpindahan daerah tinggal yang terjadi dihabitat dari masing-masing kedua jenis Murai Batu tersebut.

Misalnya Murai Batu (MB) Nias raja yang mempunyai ekor balak alami dan bukan merupakan hasil kawin silang yang dihasilkan dari penangkaran. Murai Batu ini berasal dari Pulau Nias yang mempunyai ekor balak/ada noktah putih pada penggalan ujung dari ekor penyangganya, padahal Pulau Nias merupakan sentra habitat dari Murai Batu ekor hitam.

Kemungkinan hal itu terjadi sebab adanya migrasi dari Murai Batu (MB) ekor putih ke wilayah Pulau Nias yang merupakan habitat Murai Batu ekor hitam dan terjadi perkawinan antara kedua jenis Murai Batu tersebut yang menghasilkan keturunan dengan contoh ekor penyangganya mempunyai perpaduan warna hitam dan putih yang biasa disebut Murai Batu Nias raja.

Sebaliknya Murai Batu (MB) ekor hitam juga sanggup ditemukan di beberapa wilayah di Aceh yang sebagain besar daerahnya merupakan habitat dari Murai Batu ekor putih, namun juga banyak ditemukan Murai Batu asal Aceh yang mempunyai contoh ekor balak.

Jadi kesimpulannya, Murai Batu (MB) Balak yaitu keturunan dari hasil kawin silang antara Murai Batu ekor putih dengan Murai Batu ekor hitam, baik yang terjadi secara alami dihabitat aslinya, maupun yang dhasilkan dari penangkaran dengan campur tangan Manusia (peternak).

Baca juga:

Kelebihan dan kekurangan Murai Batu ekor hitam (Black tail)

Mengenal ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Lampung

Murai Batu trotolan hutan vs Murai Batu trotolan penangkaran

Demikian informasi perihal "Kelebihan Murai Batu Balak". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Murai Batu (MB) Balak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar