Rabu, 04 Maret 2009

Ciri-Ciri Murai Kerikil Borneo Yang Prospek Lapangan

Meskipun tidak sepopuler Murai Batu (MB) Sumatera, akan tetapi Murai Batu Borneo tetap mempunyai penggemar fanatik yang cukup banyak, terutama di kawasan asalanya yaitu Kalimantan.

Selain harganya lebih murah dari Murai Batu Sumatera, secara kualitas bekerjsama Murai Batu Borneo juga tidak kalah manis jikalau diberikan perawatan yang tepat, bahkan rata-rata Murai Batu Borneo mempunyai mental fihgter yang lebih besar lengan berkuasa dari Murai Batu Sumatera.

Agar Murai Batu (MB) Borneo sanggup gacor dengan variasi lagu yang manis dan mempunyai mental fighter yang tangguh, maka harus diberikan perawatan dan pemasteran yang sempurna dan konsisten.

Tapi faktor utama yang paling penting yang harus diperhatikan sebelum kita merawat Murai Batu (MB) Borneo yakni pemilihan materi yang prospek supaya nantinya sanggup membanggakan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri Murai Batu (MB) Borneo yang prospek:

• Warna bulu

Pilihlah Murai Batu (MB) Borneo yang mempunyai warna bulu dada coklat muda/coklat terang. Akan lebih baik lagi jikalau sanggup mendapat yang supak (warna bulu dadanya agak keputihan tapi bukan blorok). Karena Murai Batu Borneo dengan warna bulu dada ibarat itu rata-rata mempunyai abjad fighter tinggi dengan durasi kerja ngedur.

• Warna kaki

Dari beberapa jenis warna kaki Murai Batu (MB) Borneo yang ada, sebaiknya pilih warna kaki yang coklat kehitaman (warna tanduk), hitam pekat dan coklat kemerahan. Jangan menentukan yang warna kakinya putih kekuningan, sebab mental dan daya tarungnya mengecewakan.

• Panjang ekor

Jika tujuan kita memelihara Murai Batu (MB) Borneo yakni untuk dilombakan, maka pilihlah Murai Batu Borneo yang berekor pendek sekitar 10-13 cm, ibarat Murai Batu Borneo asal Banjar supaya kerjanya lebih maksimal.

• Bentuk kepala

Sebaiknya pilihlah Murai Batu (MB) Borneo dengan kepala papak/ceper, sebab biasanya Murai Batu dengan bentuk kepala ibarat itu mempunyai mental fighter yang tangguh.

• Mata

Pilihlah Murai Batu (MB) Borneo yang mempunyai mata besar melotot dengan tatapan yang tajam ibarat mengintimidasi, sebab Murai Batu tersebut mempunyai mental fighter yang tangguh dengan abjad menyerang.

• Paruh

Pilihlah Murai Batu (MB) Borneo yang mempunyai paruh panjang dan tebal, dan yang bukaan paruhnya lebar pada ketika berkicau. Karena biasanya Murai Batu dengan ciri paruh ibarat itu pada ketika tarung akan mengeluarkan materi tembakan dengan full power.

• Leher

Pilihlah Murai Batu (MB) Borneo yang mempunyai leher besar dan panjang, sebab biasanya Murai Batu dengan bentuk leher tersebut mempunyai volume bunyi tembus.

Karakter bunyi Murai Batu (MB) Borneo:

Menurut anggapan banyak orang, tipykal bunyi Murai Batu (MB) Borneo cenderung lebih ngebass dan monoton, padahal bekerjsama hal itu tidak sepenuhnya benar sebab dengan perawatan yang sempurna dan pemilihan bunyi masteran yang sesuai dengan karakternya serta proses pemasteran yang intensif, Murai Batu Borneo juga sanggup mempunyai materi lagu yang berkualitas.

Karena rata-rata Murai Batu (MB) Borneo mempunyai tipe bunyi nembak, maka sebaiknya pilihlah bunyi masteran utama dengan suara-suara burung yang bertipe nembak ibarat bunyi Cililin, Lovebird, Pelatuk, Cucak jenggot, Kapas tembak dan suara-suara burung lainnya sesuai selera kita.

Pola ekor Murai Batu (MB) Borneo:

Pola ekor Murai Batu (MB) Borneo terdiri dari 6 pasang (12 helai) bulu, dengan 2 pasang bulu hitam (bulu utama) dan 4 pasang bulu putih (bulu penyangga).

Ada beberapa macam contoh ekor Murai Batu Borneo, antara lain:

• Bulu ekor penyangga berwarna putih polos semua dengan sedikit semburat warna hitam pada serpihan pangkal ekornya.

• Bulu ekor penyangga dengan warana putih polos 3 pasang dan sepasang (ekor putih terpanjang) berwarna separuh hitam dan separuh putih dengan contoh membelah.

• Empat pasang bulu ekor penyangga berwarna putih dengan semburat warna hitam pada pangkal ekornya dan empat bulu ekor lainnya berwarna hitam semua.

Baca juga:

Jenis-jenis Murai Batu Borneo dan ciri-cirinya

Murai Batu Lampung super vs Murai Batu Lampung semi

Murai Batu trotolan hutan vs Murai Batu trotolan penangkaran

Demikian info perihal "Ciri-ciri Murai Batu Borneo yang prospek lapangan". Untuk info lain seputar Murai Batu (MB), sanggup dibaca pada artikek suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Murai Batu (MB) Borneo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar