Rabu, 25 Maret 2009

Cara Merawat Kucing Anggora Yang Benar

Kucing anggora yaitu salah satu hewan peliharaan yang mempunyai banyak penggemar alasannya yaitu penampilannya yang lucu dan menggemaskan. Tapi untuk memeliharanya, butuh perawatan ekstra yang cukup menyita waktu.

Berikut ini beberapa tips perawatan Kucing Anggora:

• Pakan dan air minum

Hal utama yang harus diperhatikan dalam merawat Kucing Anggora yaitu kuliner dan minumannya. Ada banyak sekali produk kuliner untuk Kucing dengan aneka macam merk. Oleh alasannya yaitu itu, kita harus menyeleksi produk pakan Kucing mana yang baik untuk Kucing peliharaan kita.

Tidak semua produk kuliner Kucing yang ada dipasaran baik dan cocok untuk Kucing Anggora alasannya yaitu biasanya, produk kuliner Kucing kalengan (makanan basah) kurang baik untuk kesehatan Kucing.

Makanan kalengan tersebut sanggup besar lengan berkuasa pada keindahan bulu dan juga umur Kucing Anggora. Kita tentu tidak ingin Kucing Anggora kesayangan kita bulunya rusak, tidak sehat dan tidak berumur panjang. Oleh alasannya yaitu itulah sebaiknya berikan kuliner kering saja.

Untuk minumannya sanggup diberikan air yang sudah matang. Sesekali sanggup juga diberikan susu tapi jangan terlalu sering alasannya yaitu tidak anggun untuk kesehatan Kucing. Tapi ingat, jangan berikan susu untuk Manusia alasannya yaitu mengandung lactobacilus yang sanggup mengakibatkan Kucing mencret. Sebaiknya berikan susu khusus untuk Kucing, contohnya saja royal canin.

• Kebersihan kandang

Kandang untuk Kucing Anggora harus selalu dalam kondisi higienis semoga Kucing terhindar dari aneka macam macam penyakit. Bersihkan sangkar Kucing seminggu sekali memakai desinfektan untuk membunuh virus dan basil yang ada didalam kandang.

Selain itu, daerah dan pasir yang dipakai untuk membuang kotoran Kucing juga harus dibersihkan setiap hari semoga tidak bau. Kotoran yang menumpuk dan tidak dibuang juga sanggup menjadikan aneka macam penyakit pada Kucing Anggora.

• Memandikan Kucing Anggora

Untuk menjaga penampilan Kucing Anggora, kita harus meluangkan waktu untuk merawat, membersihkan dan memandikannya.

Bulu Kucing Anggora harus disisir setiap hari untuk meluruskan dan mengambil bulu-bulu yang sudah mati. Karena kalau bulu yang sudah mati tidak diambil, maka bulu tersebut akan kusut dan menjadi gimbal. Selain itu, bulu yang sudah mati juga sanggup mengakibatkan hairball (gumpalan bulu) yang sanggup masuk ke dalam kanal pencernaan Kucing ketika menjilati badannya. Bulu-bulu yang sudah mati tersebut sanggup masuk ke dalam lisan Kucing dan tertelan.

Selain menyisir bulu-bulunya, kita juga perlu memandikan Kucing Anggora minimal dua ahad sekali. Tapi kalau kita mempunyai banyak waktu luang, sebaiknya Kucing Anggora dimandikan seminggu sekali. Sebelum memandikan Kucing, perhatikan dulu kondisi kesehatan Kucing dan juga kondisi cuaca semoga Kucing tidak kedinginan.

• Pemberian vaksin

Untuk menjaga kesehatannya, Kucing Anggora juga perlu diberikan vaksin semoga daya tahan tubuhnya tetap kuat. Biasanya, Kucing Anggora pertama kali diberikan vaksin pada umur sekitar 8-9 minggu. Tapi sebelum diberikan vaksin kita perlu memperhatikan kesehatan Kucing. Jika kondisi Kucing sedang kurang sehat maka pertolongan vaksinasi sanggup ditunda hingga kondisinya benar-benar sehat.

Vaksin yang perlu diberikan kepada Kucing Anggora antara lain: Vaksin herpes, Vaksin leukemia, dan Vaksin rabies.

Jika Kucing Anggora tidak diberikan vaksin, maka daya tahan tubuhnya kemungkinan besar akan nenjadi lemah sehingga lebih gampang terjangkit virus yang sanggup menyebabkn Kucing sakit, bahkan sanggup mati.

Yang lebih membahayakan yaitu kalau Kucing terkena virus rabies yang sanggup menular kepada Manusia.

Baca juga:

Panduan lengkap cara beternak burung puyuh petelur yang benar

Panduan lengkap beternak kelinci pedaging

Tips perawatan Ayam Bangkok untuk pemula

Demikian sedikit gosip perihal "Cara merawat Kucing Anggora  yang benar". Untuk gosip lain seputar Kucing, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Kucing Anggora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar