Kamis, 05 Maret 2009

Mengenal Huruf Dan Ciri-Ciri Murai Kerikil Bahorok

Selama ini Murai Batu (MB) Bahorok dikenal mempunyai mental yang paling besar lengan berkuasa diantara Murai Batu jenis lainnya, sebab kebanyakan walaupun masih giras dan masih takut orang tapi ketika ditrek atau dipertemukan lawan maka Murai Batu Bahorok akan eksklusif narung dengan ngotot.

Murai Batu (MB) Bahorok sering disebut sebagai Murai Batu Medan Super, hal itu dikarenakan karakteristik fisik dari Murai Batu Bahorok yang sangat menawan dan yummy dilihat dari segala sisi. 

Ciri-ciri Murai Batu (MB) Bahorok:

• Memiliki penampilan yang sangar dan terkesan bringas dengan bentuk kepala papak/ceper dan besar namun terlihat proporsional, ditunjang dengan leher jenjang dan besar. Namun ada juga beberapa individu Murai Batu Bahorok yang mempunyai bentuk kepala bulat.

• Mata besar melotot dengan sorot tajam seolah mengintimidasi.

• Postur badan besar dan panjang dengan dada yang lebar (bidang) sehingga terkesan kekar dan atletis.

• Ekor panjang dengan ukuran minimal 17 cm dengan bulu yang tebal serta daun ekor lebar. Secara umum bentuk ekornya normal menyerupai Murai Batu lainnya, tapi pada wilayah tertentu ada yang bentuk ekornya melengkung kebawah dan di wilayah lainnya ada yang bentuknya melengkung ke atas.

• Warna bulu leher dan punggung hitam mengkilap kebiruan (samber lilin) jikalau terkena sinar Matahari.

• Bulu dada hingga serpihan perut berwarna mayoritas coklat gelap dan ada juga yang berwarna coklat terang.

• Warna kaki tidak ada ciri khusus, sebab ada yang warna kakinya merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang yaitu yang mempunyai warna kaki hitam pekat.

Jadi jikalau dikatakan Murai Batu (MB) Bahorok identik berkaki hitam dan berekor lengkung itu juga tidak sepenuhnya benar. Makara ciri-ciri fisik Murai Batu Bahorok di atas, merupakan isu yang sanggup dijadikan sebagai tumpuan umum, tapi tidak sanggup dijadikan standar atau patokan mutlak untuk semua individu Murai Batu Bahorok.

Murai Batu (MB) Bahorok rata-rata mempunyai vokal yang besar (ngebass) dengan volume yang keras tapi yummy didengar. Ini sanggup kita perhatikan pada ketika Murai Batu Bahorok mengeluarkan bahan bunyi alamnya menyerupai bunyi tembakan gerojokan yang panjang dan terkesan bergulung (ngeroll).

Kombinasi antara bunyi alam yang ngebass dengan suara-suara isian hutan yang nyaring dan melengking terdengar begitu indah dan haronis, ditambah dengan penampilan fisik yang begitu gagah dan elegant serta ditunjang dengan mental fighter yang tangguh mengakibatkan Murai Batu Bahorok pantas menyandang predikat sebagai burung kicau terbaik di Indonesia.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau

Jenis-jenis Murai Batu Borneo dan ciri-cirinya

Murai Batu Lampung super vs Murai Batu Lampung semi

Demikian isu perihal "Mengenal abjad dan ciri-ciri Murai Batu Bahorok". Untuk isu lain seputar Murai Batu (MB), sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Murai Batu (MB) Bahorok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar