Selasa, 10 Maret 2009

Tips Perawatan Ayam Bangkok Untuk Pemula

Ayam Bangkok yaitu jenis Ayam aduan yang memerlukan perawatan dan pembinaan khusus biar mempunyai stamina yang prima untuk bertarung. Perawatan Ayam Bangkok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perawatan rutin dan perawatan berkala.

Perawatan rutin yaitu perawatan yang dilakukan setiap hari, sedangkan perawatan terpola yaitu perawatan yang dilakukan untuk tujuan khusus, contohnya saja untuk mempersiapkan fisiknya sebelum berlaga atau perawatan untuk memulihkan kondisinya sesudah bertarung.

Perawatan rutin Ayam Bangkok untuk pemula:

Berbeda dengan Ayam biasa, Ayam Bangkok aduan memerlukan perawatan khusus setiap harinya biar Ayam Bangkok selalu dalam kondisi prima dan terhindar dari serangan penyakit. Perawatan harian untuk Ayam Bangkok meliputi:

• Mandi

Ayam Bangkok aduan perlu dimandikan setiap hari untuk menjaga kesejukan dan kebugaran fisiknya. Memandikan Ayam Bangkok dilakukan mulai jam 06.00-07.00 pagi memakai air bersih.

• Umbar

Setelah dimandikan, masukkan Ayam Bangkok ke dalam sangkar umbaran untuk mengeringkan tubuhnya sekalian berjemur. Sebaiknya jangan eksklusif dimasukkan kedalam kurungan dulu sebab akan membuatnya tidak bebas mengepakkan sayap-sayapnya yang masih basah.

Biarkan Ayam Bangkok berada didalam sangkar umbaran hingga sore hari untuk bermain dan sekaligus untuk olah raga.

• Lari

Ayam Bangkok aduan sesekali juga butuh berinteraksi dengan Ayam-Ayam lainnya. Karena itu, semingu 3x Ayam Bangkok perlu diberikan Ayam babon atau Ayam untulan untuk dikejar-kejar.

• Istirahat

Setelah seharian berada dalam sangkar umbaran, pada jam 04.00 sore Ayam Bangkok dimasukkan kedalam kurungan untuk istirahat. Berikan pakan dan minum yang sesuai dengan usianya dan biarkan beristirahat.

• Suplemen

Agar kondisi fisiknya selalu prima, maka selain diberikan pakan dan minum yang cukup, Ayam Bangkok aduan juga membutuhkan perhiasan tambahan, yaitu:
• Vitamin B komplek yang diberikan setiap 2 hari sekali.
• Gula merah dan tomat juga sanggup ditambahkan sebagai perhiasan alami untuk menunjang imunitas tubuhnya.

Untuk Ayam Bangkok yang di khususkan sebagai petarung, juga perlu diberikan beberapa ramuan khusus secara rutin yang diubahsuaikan dengan keperluannya.

Baca juga:

Tips perawatan Ayam Hutan Hijau biar rajin bunyi

Jamu dan perhiasan untuk menambah stamina Merpati balap

Meramal kualitas bunyi Perkutut dari katuranggannya

Demikian gosip perihal "Tips perawatan Ayam Bangkok untuk pemula". Untuk gosip lain seputar Ayam Bangkok, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Ayam Bangkok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar