Minggu, 22 Maret 2009

Cara Menentukan Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Bagus

Semakin maraknya lomba Merpati balap kolongan belakangan ini menciptakan banyak orang mencari Merpati balap yang prospek dengan cita-cita bisa memenangkan lomba.

Tapi masalahnya harga Merpati yang sudah pernah prestasi niscaya sangat mahal dan tidak semua orang bisa membelinya. Bahkan untuk anakan Merpati trah juara yang masih piyik saja harganya cukup fantastis.

Oleh alasannya ialah itu sebelum membeli Merpati balap kolongan sebaiknya ketahui dulu ciri-ciri fisik atau katuranggan Merpati balap kolongan yang elok biar nantinya tidak mengecewakan.

Berikut ini beberapa ciri fisik atau katuranggan Merpati balap kolongan yang prospek:

• Bentuk kepalanya panjul atau mengerucut, bisa juga yang njambe dan tidak terlau besar. Berbeda dengan Merpati balap sprint yang dicari justru yang kepalanya besar.

• Pilihlah Merpati yang lehernya panjang melengkung kedepan atau cari yang lehernya berukuran sedang tapi sepadan dengan anggota badan lainya (proporsional), kokoh, dan kalau dipegang melongok/memanjang.

• Pilihlah Merpati yang matanya berwarna kuning, kuning kemerahan, merah menyala atau mata jawa dan liplap maupun mata pilo, asal teleng hitam pada mata/pupil kecil bening dan lingkaran pada ketika mbekur, pupilnya akan semakin mengecil juga pada ketika terkena cahaya matahari.

Jika teleng hitam yang pudar, cari yang warna hitamnya jelas. Tipe menyerupai ini biasanya selain elok untuk Player, juga elok untuk dijadikan pacekan atau materi ternak. Pelupuk mata atau alisnya tipis dan tidak garang dengan warna segar tidak merah tebal.

• Pilihkah Merpati yang paruhnya ramping kecil/tipis menyerupai burung Derkuku atau Perkutut.

• Pilihlah Merpati yang pipi/mukanya tipis, tidak tembem dan bulu lenggotnya tipis.

• Pilihlah Merpati yang hidungnya kecil/pesek, kering tipis dan mempunyai lubang hidung yang kecil dan agak rapat.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang postur tubuhnya panjang oval menyerupai bentuk telur, dan ketika dipegang terasa empuk serta tipis, dan jikalau dilihat dari bahu hingga ke pangkal ekornya menyerupai membentuk segitiga.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang punggungnya tegap dengan dada mbilah/membelah berisi gupalan otot, dan pada ujung dada bab belakang melengkung ke dalam bab perut.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang mempunyai sayap rapi dan penjawat panjang menyerupai bilah pedang serta sejajar dengan ujung ekornya. Bagian tulang sayapnya tebal seimbang kanan dan kiri.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang otot sayapnya terasa besar dan lentur ketika diraba. Hal itu mengambarkan jikalau Merpati tersebut mempunyai power yang besar lengan berkuasa dalam mengepakkan sayapnya.

• Pilih Merpati balap kolongan yang ekornya pendek, dan jikalau di sejajarkan bulu ekornya menyatu menyerupai sendok.

Jika Merpati yang mempunyai ekor panjang, carilah yang sejajar juga dengan sayap dan ketika digenggam ujung ekor temungkul/rapat. Cari yang ujung ekornya menunjuk ke bawah, atau sedikit menyeret/menyentuh tanah.

• Pilih Merpati yang mempunyai kaki kering dengan jari-jari panjang, lentik, dan kokoh serta mempunyai kuku menyerupai cakar Elang.

• Pilih Merpati balap kolongan yang mempunyai tulang supit udang atau tulang dibawah dubur dengan bentuk yang panjang melengkung serta tebal dan menonjol. Jarak antara ujung tulang supit tidak melebihi ruas jari telunjuk dan jikalau digenggam ujung tulang supitnya akan terasa melekat di telapak tangan.

• Pilih Merpati yang bulunya lembut, halus dan tebal atau nyutra. Bulu-bulunya terlihat kering mengkilap menyerupai berminyak dan jikalau digenggam terasa licin.

• Pilih Merpati balap kolongan yang ketika berjalan tampak menyerupai mentok atau angsa dan sedikit jinjit dengan telapak kaki belakangnya tidak melekat ke tanah.

• Pilih Merpati balap kolongan yang kepakan sayapnya ketika diumbar berbunyi menyerupai kepakan ayam hebat yang akan berkokok, walaupun suaranya tidak sekeras kepakan ayam jago. Hal itu mengambarkan kepakan sayap Merpati tersebut bertenaga.

Baca juga:

Tips dasar pemilihan Merpati balap yang elok untuk pemula

Jamu dan tambahan untuk menambah stamina Merpati balap

Resep diam-diam para botoh Ayam Bangkok

Demikian warta wacana "Cara menentukan Merpati balap tinggian/kolongan yang bagus". Untuk warta lain seputar burung Merpati, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Merpati/Doro kolong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar