Rabu, 11 Maret 2009

Pakan Terbaik Untuk Ayam Bangkok Sesuai Tahapan Usianya

Ayam Bangkok memerlukan pakan berkualitas yang harus diadaptasi dengan usianya biar pertumbuhannya sempurna. Misalnya saja Ayam dengan usia 3 bulan harus diberikan pakan dengan jenis, jumlah, dan komposisi yang berbeda dengan Ayam Bangkok yang berusia 6 bulan, dan seterusnya.

Berikut ini beberapa jenis pakan untuk Ayam Bangkok sesuai tahapan usianya:

Sesuai tahapan usianya, pakan untuk Ayam Bangkok dibedakan menjadi 3 periode, yaitu:
• Periode umur 0-3 bulan (usia anakan)
• Periode umur 3-6 bulan (pertengahan)
• Periode umur 6 bulan ke atas (dewasa)

Pakan Ayam Bangkok usia 0-3 bulan:

Anakan Ayam Bangkok dari mulai menetas hingga usia 3 bulan akan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Tulang-tulang dan ototnya tumbuh dengan sangat cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya anakan Ayam Bangkok diberikan pakan yang mengandung nutrisi penunjang pertumbuhan sistem geraknya.

Pakan yang paling dianjurkan bagi Ayam Bangkok pada usia ini yakni voer 592, atau lebih dikenal dengan voer tulang. Voer ini mempunyai kandungan kalsium yang tinggi sehingga sangat cocok diberikan untuk anakan Ayam Bangkok biar tulang-tulangnya tumbuh lebih cepat dan kuat.

Voer tulang sanggup diberikan secara pribadi atau dengan mencampurnya dengan air hangat terlebih dulu. Jika voer tulang diberikan dengan dicampur air sebaiknya periksa kondisinya secara rutin, sebab pakan yang lembab gampang ditumbuhi jamur, sehingga sangat berisiko menjadikan keracunan pada anakan Ayam Bangkok yang mengkonsumsinya.

Agar anak Ayam Bangkok cepat besar, pakan berupa voer tulang sanggup juga dicampur dengan susu bubuk untuk bayi.

Pakan Ayam Bangkok usia 3-6 bulan:

Setelah anak Ayam Bangkok berusia 3 bulan, jenis pakannya sanggup diganti sebab kebutuhan nutrisi Ayam Bangkok pada usia tersebut terang sudah berbeda. Selain membutuhkan pakan yang kaya kandungan kalsium dan protein, pada usia 3-6 bulan Ayam Bangkok juga membutuhkan karbohidrat dan lemak untuk pertumbuhan daging dan otot-ototnya

Pada usia 3-6 bulan, pakan yang tepat untuk Ayam Bangkok yakni voer 594 dicampur nasi putih. Perbandingan kedua jenis pakan ini harus diadaptasi dengan pertambahan usianya, semakin mendekati usia 6 bulan komposisi nasi semakin diperbanyak.

Pada usia ini Ayam Bangkok sanggup mulai diberikan pakan yang teksturnya lebih keras biar mulai terbiasa mengkonsumsi pakan-pakan alami sesudah dewasa. Selain itu, Ayam Bangkok juga perlu diberikan daun-daunan sebagai asupan serat untuk kesehatan sistem pencernaannya. 

Pakan Ayam Bangkok usia 6 bulan ke atas:

Setelah memasuki usia dewasa, Ayam Bangkok sanggup diberikan pakan yang tekstur lebih keras, layaknya pakan Ayam pada umumnya menyerupai jagung, bekatul, beras merah, beras biasa, gabah, dan jenis kacang-kacangan. Tapi dalam pinjaman jenis pakan-pakan tersebut, sebaiknya mempertimbangkan tipe tarung dari Ayam Bangkok tersebut, apakah tipe pukul atau tipe jalu.

Untuk Ayam Bangkok tipe jalu sebaiknya diberikan pakan berupa beras merah, gabah, atau konsentrat. Sedangkan untuk Ayam Bangkok tipe pukul, sebaiknya diberikan pakan berupa jagung.

Baca juga:

Tips perawatan Ayam Bangkok untuk pemula

Tips perawatan Ayam Hutan Hijau biar rajin bunyi

Jamu dan komplemen untuk menambah stamina Merpati balap

Demikian warta wacana "Pakan terbaik untuk Ayam Bangkok sesuai tahapan usianya". Untuk warta lain seputar Ayam Bangkok, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Ayam Bangkok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar