Senin, 30 Maret 2009

Tips Penggemukan Sapi Potong Yang Benar Semoga Cepat Panen

Sapi merupakan salah satu binatang ternak yang mempunyai banyak manfaat, dari mulai daging, kulit hingga kotorannya sanggup menghasilkan banyak keuntungan.

Permintaan pasar akan daging sapi setiap tahunnya terus meninggkat terutama pada hari-hari besar keagamaan ibarat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, sedangkan pasokan dari peternak lokal masih sangat terbatas.

Hal itu tentunya menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan dengan perjuangan ternak atau penggemukan sapi potong.

Penggemukan sapi potong bertujuan untuk meningkatkan bobot tubuh sapi, memperbaiki kualitas daging, dan mencegah pemotongan sapi betina produktif untuk konsumsi.

Berikut ini beberapa tips penggenukan sapi potong biar sanggup cepat panen:

• Untuk sapi yang gres dibeli jangan pribadi di masukkan kedalam sangkar bergabung dengan sapi-sapai yang lain. Masukkan sapi yang gres dibeli ke dalam sangkar karantina terlebih dulu.

• Berikan air minum yang dicampur dengan gula merah untuk mengembalikan stamina yang terkuras dalam perjalanan.

• Esok harinya, berikan obat cacing dan juga vitamin pada sapi yang gres dibeli tersebut dengan cara disuntik, dicekok, atau dicampurkan pada air minumnya. Dosisnya sesuai dengan dosis yang di anjurkan pada kemasan obat cacing dan vitamin tersebut.

• Pakan yang diberikan pada awal-awal penggemukan sapi potong harus dilakukan secara sedikit demi sedikit untuk mengukur tingkat konsumsi pakan dari sapi yang gres dibeli tersebut.

• Pemberian jumlah pakan harus diubahsuaikan dengan jenis pakan, kandungan nutrisi, san bobot sapi potong.

Untuk pakan hijau diberikan sebesar 5% berat lembap dari bobot tubuh sapi, pakan konsentrat diberikan sebesar 1,5% berat kering dari bobot tubuh sapi. Sedangkan untuk pakan suplemen ibarat vitamin, garam, dan urea block diberikan sebesar 1% dari total ransum yang dibuat.

• Air minum untuk sapi harus memakai air higienis dan harus diganti setiap hari.

• Kebersihan sapi dan kandangnya juga harus selalu diperhatikan setiap harinya dengan cara memandikan sapi minimal sekali dalam sehari.

Kotoran sapi juga harus dibersihkan setiap hari biar tidak dikerubungi lalat dan binatang-binatang lainnya yang sanggup mengganggu kenyamanan dan kesehatan sapi potong.

Agar sangkar sapi terhindar dari basil dan bibit penyakit, sebaiknya lantai sangkar disemprot memakai Desinfektan paling tidak 1 kali dalam seminggu.

Lakukan poin-poin di atas dengan konsisten untuk menjaga kesehatan sapi potong dan memaksimalkan peningkatan bobot tubuh sapi biar sanggup menghasilkan sapi potong yang gemuk dalam waktu yang relatif singkat.

Baca juga:

Panduan lengkap cara beternak burung puyuh petelur yang benar

Panduan lengkap beternak kelinci pedaging

Cara terbaik biar sukses dalam budidaya ikan bawal

Demikian informasi wacana "Tips penggemukan sapi potong yang benar biar cepat panen". Untuk informasi lain seputar Sapi, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Peternakan Sapi Potong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar