Senin, 02 Februari 2009

Perawatan Yang Sempurna Untuk Perkutut Pada Dikala Mabung/Ngurak

Mabung/ngurak pada Perkutut sanggup terjadi dua kali dalam setahun, dan umumnya Perkutut hanya berganti bulu secara bergiliran (nyulam). Sebetulnya Perkutut yang sedang dalam masa mabung/ngurak tidak perlu diberikan perawatan khusus seperti  perawatan mabung pada burung kicau.

Perkutut yang dalam kondisi mabung/ngurak tidak mengalami penurunan performa yang signifikan. Karena pada umumnya walaupun sedang mabung/ngurak, Perkutut masih tetap bunyi (manggung) walaupun tidak serajin menyerupai pada dikala kondisi normal (tidak mabung).

Tapi semoga kondisi Perkutut tetap prima dan proses mabungnya berlangsung dengan baik, maka tidak ada salahnya kalau dilakukan beberapa perawatan khusus untuk Perkutut pada dikala mabung/ngurak.

Perawatan khusus untuk Perkutut pada dikala mabung/ngurak:

• Perkutut yang sedang dalam kondisi mabung/ngurak sebaiknya dipindahkan kedalam sangkar yang lebih luas/kandang umbara semoga Perkutut yang sedang mabung tersebut sanggup melepaskan bulu-bulunya dengan lebih leluasa, sehingga proses mabungnya sanggup berlangsung lebih sempurna.

• Berikan satu butir minyak ikan dua hari sekali selama masa mabung/ngurak semoga Perkutut selalu dalam kondisi yang fit dan pertumbuhan bulu-bulu barunya mejadi lebih sehat dan lebih mengkilap.

• Berikan pelengkap ketan hitam dan beras merah pada sajian pakan hariannya, takarannya masing-masing cukup setengah sendok teh saja untuk menghangatkan badan Perkutut.

• Selama masa mabung/ngurak Perkutut tidak perlu dimandikan.

• Penjemuran tetap dilakukan setiap hari mulai jam 07.00 pagi semoga Perkutut tetap sehat. Tapi tidak perlu terlalu lama, cukup 15-20 menit saja setiap harinya.

• Sebaiknya Perkutut yang sedang dalam masa mabung/ngurak ditempatkan dilingkungan yang damai dan dijauhkan dari semua gangguan semoga proses mabungnya berjalan lancar.

Baca juga:

Perawatan yang tepat untuk Trucukan pada dikala mabung/nyulam bulu

Cara membedakan Perkutut jantan dan betina paling akurat

Manfaat kencur dan merica untuk menciptakan Perkutut rajin manggung

Demikian warta wacana "Perawatan yang tepat untuk Perkutut pada dikala mabung/ngurak". Untuk warta lain seputar Perkutut, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Perkutut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar