Kamis, 19 Februari 2009

Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari

Krokot yaitu tanaman yang sering dianggap sebagai tanaman hama alasannya yaitu berpotensi mengganggu perkembangan tanaman pertanian. Namun selain anggapan jelek tersebut, ternyata ada manfaat besar dari tanaman ini. 

Selama ini, krokot dikenal sebagai tanaman obat yang banyak dikonsumsi Manusia untuk menjaga kesehatan maupun untuk pengobatan. Krokot juga sering dimanfaatkan sebagai sayur atau lalapan.

Kandungan gizi dalam daun krokot antara lain:
- omega 3
- sodium
- alumunium
- kalsium
- zat besi
- fosfor
- vitamin A
- vitamin B
- vitamin C
- magnesium
- mangan, dan masih banyak lagi kandungan zat aktif lainnya.

Tapi selain bermanfaat untuk Manusia, ternyata tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat untuk burung kicauan terutama untuk Kenari yang sanggup diberikan sebagai pakan pemanis atau Ekstra fooding (EF) supaya Kenari lebih rajin bunyi dan mempunyai nafas yang panjang ketika berkicau serta masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan burung Kenari.

Cara pertolongan daun krokot pada Kenari cukup dicantolkan didalam kandangnya dengan posisi yang gampang dijangkau oleh Kenari, tapi sebelum diberikan sebaiknya daun krokot dibersihkan terlebih dulu dengan air bersih.

Cara lain yang sanggup dilakukan yaitu dengan mengeringkan tanaman ini dengan menjemurnya dibawah terik matahari hingga benar-benar kering kemudian menggilingnya hingga menjadi tepung dengan memakai blender. Pemberian tepung daun krokot ini sanggup dengan mencampurkannya pada pakan biji-bijian atau pakan lainnya menyerupai egg food.

Daun krokot sebaiknya diberikan setiap 2-3 kali seminggu dengan tetap diselingi pertolongan Ekstra fooding (EF) lain terutama sayur-sayuran serta buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Kenari.

Baca juga:

Manfaat daun Ginseng Jawa untuk Kenari

Manfaat daun mengkudu/pace untuk menjernihkan bunyi Kenari

Cara pemasteran untuk Kenari supaya mempunyai bunyi isian

Demikian isu perihal "Manfaat daun krokot untuk Kenari". Untuk isu lain seputar Kenari, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Manfaat krokot untuk Kenari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar