Jumat, 27 Februari 2009

Mengenal Ciri-Ciri Dan Kelebihan Murai Watu Lampung

Murai Batu (MB) Lampung mempunyai ciri-ciri yang hampir sama dengan Murai Batu asal Sumatera lainnya. Hanya saja, ukuran ekor Murai Batu Lampung cenderung lebih pendek dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Aceh, walaupun ada juga Murai Batu Lampung yang mempunyai ekor cukup panjang yang biasa disebut dengan istilah Murai Batu Lampung super.

Tapi berbeda dengan ekor Murai Batu (MB) Medan yang bentuknya melengkung pada ujungnya, ekor Murai Batu Lampung bentuknya lurus dari pangkal hingga ujung ekornya dan tidak mekar.

Ukuran ekor Murai Batu (MB) Lampung yang pendek tersebut justru memperlihatkan laba tersendiri alasannya ialah menciptakan Murai Batu Lampung sanggup bergerak lebih atraktif ketika sedang bertarung dan tidak membuatnya cepat lelah alasannya ialah tidak terbebani oleh ekornya.

Namun ada dua pendapat ihwal ukuran ekor Murai Batu (MB) Lampung yang pendek tersebut. Ada yang beropini kalau ukuran ekor yang lebih pendek tersebut ialah laba dari Murai Batu Lampung alasannya ialah akan mengurangi bebannya ketika memainkan ekornya, sehingga staminanya tidak cepat terkuras, dan ada juga yang beropini kalau ekor yang pendek tersebut ialah kekurangan dari Murai Batu Lampung alasannya ialah kalau dilihat secara fisik penampilannya menjadi kurang menarik.

Murai Batu (MB) asal Sumatera memang ada beberapa jenis sesuai asal daerahnya, ibarat dari Lampung, Jambi, Aceh dan dari kawasan lainnya. Untuk teladan ekor, masing-masing Murai Batu Sumatera rata-rata mempunyai motif yang hampir sama, yaitu seluruh ekor putih bab dalam mempunyai corak hitam yang tegas dan tembus hingga batang lidinya.

Jenis teladan ekornya sendiri cukup beragam, ada yang berbentuk sudut lekukan dan ada juga yang motifnya tidak beraturan, dan biasanya disebut dengan teladan U, V, W dan lainnya.

Murai Batu (MB) Lampung mempunyai stamina yang tangguh dan juga mental yang manis ketika bertarung kalau dirawat dan dilatih dengan sempurna tentunya. Tapi Murai Batu Lampung mempunyai kelemahan pada variasi lagunya yang cenderung mengulang-ulang nada yang sama/kurang variatif.

Tapi kekurangan tersebut bisa diatasi dengan pemasteran yang sempurna dan konsisten tentunya, sehingga Murai Batu (MB) Lampung juga sanggup mempunyai bahan lagu yang lebih bervariasi.

Keunggulan yang menonjol dari Murai Batu (MB) Lampung ialah pada staminanya yang tangguh ketika bertarung dan tidak cepat lelah walaupun terus berkicau dalam waktu yang lama. Tapi untuk gaya tarungnya memang tidak seindah Murai Batu ekor panjang yang sanggup mencambuk-cambukkan ekornya. 

Ciri-ciri fisik Murai Batu (MB) Lampung:

Murai Batu (MB) Lampung mempunyai postur badan yang sedikit lebih besar dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Aceh, tapi perbedaan dari segi fisik yang paling gampang dikenali ialah pada bab ekornya yang pendek dan lurus. Kalau dari bentuk fisik lainnya secara keseluruhan memang agak sulit untuk membedakan Murai Batu Lampung dengan Murai Batu lainnya alasannya ialah memang hampir sama.

Ciri lainnya dari Murai Batu (MB) Lampung ialah pada gaya tarungnya yang menaik turunkan kepalanya ibarat mencangkul ibarat dengan gaya tarung Murai Batu Borneo, hanya saja Murai Batu Lampung yang orisinil tidak menggembungkan bulu dadanya ketika bertarung.

Kelebihan Murai Batu (MB) Lampung:

Selain mempunyai stamina yang tangguh, Murai Batu (MB) Lampung bekerjsama juga mempunyai bunyi kicauan yang tidak kalah manis dengan jenis Murai Batu asal Sumatera lainnya, asalkan rutin dilakukan pemasteran maka variasi lagunya juga sanggup bersaing dengan Murai Batu jenis lainnya.

Kekurangan Murai Batu (MB) Lampung:

Selain bahan lagunya yang cenderung monoton, ada satu hal lagi yang menciptakan Murai Batu (MB) Lampung kurang disukai para penggemar Murai Batu, yaitu Mental fighternya yang lemah, alasannya ialah kalau bertemu lawan yang lebih dominan, maka Murai Batu Lampung akan eksklusif down mentalnya.

Jadi, untuk mengikut sertakan Murai Batu (MB) Lampung ke arena lomba, maka burung harus sudah benar-benar matang secara mental, dan minimal sudah terbiasa mengikuti Latber.

Baca juga:

Murai Batu trotolan hutan vs Murai Batu trotolan penangkaran

Ciri-ciri perbedaan Murai Batu (MB) jantan dan betina trotolan

Perbedaan Murai Batu Medan super (Lokal) dan Murai Batu import

Demikian informasi ihwal "Mengenal ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Lampung". Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB), sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Murai Batu (MB) Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar