Kamis, 15 Januari 2009

Terapi Sauna Untuk Mendongkrak Emosi Dan Mental Fighter Kacer

Bagi para Kacer Mania, memelihara Kacer hingga sanggup moncer yaitu suatu kebanggaan. Banyak cara yang dilakukan semoga Kacer gacoannya sanggup tampil maksimal, dari mulai otak-atik settingan Ekstra fooding (EF), mandi, jemur, umbar, dan bahkan hingga melaksanakan terapi-terapi khusus yang tergolong ekstrim. Salah satunya yaitu terapi sauna, yaitu menjemur burung dalam kondisi kandang dikerodong.

Sebetulnya terapi sauna biasa dilakukan hanya pada kondisi tertentu saja, contohnya pada ketika burung mengalami susah mabung atau macet mabung. Dengan terapi dijemur sambil dikerodong basah, maka tingkat kelembaban yang tinggi dengan suhu yang meningkat didalam kandang akan memicu rontoknya bulu-bulu burung yang susah mabung tersebut.

Tetapi belakangan ini banyak para Kacer Mania yang melaksanakan terapi sauna untuk tujuan semoga Kacernya menjadi lebih bringas dan lebih fighter. Hal itu tidak salah, alasannya yaitu suhu panas didalam kandang yang meningkat drastis tentunya akan menciptakan emosi Kacer menjadi tinggi, dan dampaknya Kacer memang akan menjadi lebih bringas.

Akan tetapi keberhasilan dari terapi ini tidak sanggup sepenuhnya dipertanggung jawabkan, alasannya yaitu ada yang memang sukses dengan menerapkan terapi tersebut, tapi tidak sedikit yang mengeluh kalau Kacernya tidak mengalami perubahan apapun sehabis diterapi sauna, bahkan ada yang justru berakibat fatal pada Kacer momongannya. Banyak yang Kacernya justru menjadi ngedrop dan bahkan ada yang hingga berujung janjkematian alasannya yaitu tidak sering dikontrol pada ketika melaksanakan terapi sauna.

Untuk melaksanakan terapi sauna, perlu pemahaman mengenai dampak nyata dan negatif dari terapi ini pada Kacer. Terapi sauna termasuk terapi yang ekstrim, alasannya yaitu menjemur Kacer dibawah terik Matahari dalam kondisi kandang dikerodong sangat berisiko bagi Kacer.

Suhu panas didalam kandang yang dikerodong lebih tinggi dari penjemuran biasa tanpa kerodong. Hal itu akan menciptakan Kacer rentan mengalami dehidrasi. Karena itu, sebelum melaksanakan terapi sauna, perlu diperhatikan kondisi dan huruf Kacer yang akan diterapi terlebih dulu.

Menganali huruf Kacer yang akan diterapi sauna:

• Kacer dengan huruf fighter rendah/lambat panas, mungkin cocok diterapi sauna alasannya yaitu sanggup mendongkrak emosinya secara signifikan, Kacer tipe ini memang membutuhkan panas yang lebih untuk mendongkrak jiwa tempurnya semoga cepat on.

• Kacer dengan huruf fighter tinggi/emosi tinggi tentunya tidak cocok diterapi sauna alasannya yaitu Kacer tipe ini mempunyai tingkat emosi yang tinggi dan emosinya justru harus diredam dengan banyak mandi dan minim jemur. Jika dipaksakan untuk diterapi sauna justru sanggup menjadi stres dan ngedrop alasannya yaitu kepanasan.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan terapi sauna:

• Kacer yang akan diterapi sauna harus benar-benar dalam kondisi fit.

• Jangan melaksanakan terapi sauna pada siang hari ketika Matahari sedang terik-teriknya.

• Tetap menunjukkan air minum yang higienis di dalam sangkarnya semoga Kacer tidak dehidrasi.

Cara melaksanakan terapi sauna yang benar:

Harus diperhatikan pula cara melaksanakan terapi sauna yang benar semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, alasannya yaitu tidak jarang Kacer yang diterapi sauna justru berakhir dengan kematian.

Terapi sauna yaitu salah satu cara untuk mengondisikan ruangan yang hangat tapi lembab, alasannya yaitu itulah cara kerja terapi sauna yang efektif yaitu tidak sekedar dijemur sambil dikerodong saja.

Berikut ini yaitu cara terapi sauna yang dianjurkan:

• Sebelum melaksanakan terapi sauna, harus diperhatikan beberapa kondisi menyerupai yang sudah disebutkan di atas.

• Sediakan air minum higienis yang cukup, kalau perlu sediakan juga buah-buahan yang banyak mengandung air menyerupai pepaya kalau Kacer mau makan pepaya. Kalau kacer tidak mau makan pepaya, cukup sediakan jangkrik dalam jumlah yang banyak didalam cepuk semoga Kacer sanggup makan sepuasnya.

• Terapi sauna sebaiknya dilakukan sebelum jam 11.00 siang, alasannya yaitu bila melebihi dari jam 11.00 siang, sinar Matahari sudah bersinar cukup terik dan sanggup mengakibatkan Kacer kepanasan dan dehidrasi.

• Untuk tahap awal, kerodong kandang dengan posisi resleting kerodong dibiarkan terbuka atau posisi kerodong tidak tertutup sepenuhnya. Setelah Kacer diterapi sauna beberapa kali dan Kacer sudah mulai terbiasa, terapi sauna sanggup dilakukan dengan kerodong tertutup penuh.

• Setiap beberapa menit sekali, kerodong yang menutupi sangkarnya disemprot dengan memakai sprayer hingga basah. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan kelembaban sekaligus menghindari burung dari bahaya heat stress dan dehidrasi.

• Terapi sauna sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, contohnya cukup 30 menit hingga 1 jam saja, hal tersebut untuk mencegah Kacer mengalami mabung lebih awal.

Baca juga:

Menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya

Cara paling ampuh untuk menciptakan Kacer gacor dan buka ekor

Manfaat ulat daun pisang untuk mendongkrak stamina Kacer

Demikian isu ihwal terapi sauna untuk mendongkrak emosi dan mental fighter Kacer. Untuk isu lain seputar Kacer, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Terapi Sauna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar