Senin, 26 Januari 2009

Pakan Dan Ekstra Fooding (Ef) Yang Cocok Untuk Kacer

Kacer merupakan burung petarung yang mempunyai bunyi kicauan merdu dan bervariasi, serta mempunyai gaya tarung ngobra yang khas.

Untuk sanggup menampilkan performa terbaiknya, Kacer memerlukan stamina yang prima untuk menunjang karakternya sebagai petarung yang mempunyai gaya tarung atraktif.

Agar Kacer mempunyai stamina yang prima, maka harus diberikan Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok dan sesuai dengan karakternya, serta dengan porsi yang memadai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Berikut ini yaitu beberapa jenis Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer:

• Voer

Voer yaitu pakan utama untuk Kacer yang dipelihara didalam kandang, tujuannya biar lebih mudah dalam perawatan hariannya, sebab kita cukup memperlihatkan voer satu cepuk saja sudah cukup untuk makan Kacer selama beberapa hari tanpa harus kuatir Kacer akan kelaparan.

Tapi kandungan nutrisi dalam voer tidak akan sanggup menyamai kandungan nutrisi dari pakan alami Kacer menyerupai serangga, ulat dan binatang-binatang kecil lainnya yang tentunya mempunyai kandungan nutrisi yang jauh lebih manis dan lengkap kalau dibandingkan dengan pakan buatan pabrik (voer).

Dalam menentukan voer untuk Kacer juga jangan asal burungnya doyan saja. Pilihlah voer yang mempunyai kandungan protein tinggi biar sanggup menunjang kebutuhan protein Kacer setiap harinya.

Untuk kandungan materi baku voer juga harus diubahsuaikan dengan abjad Kacer yang akan mengkonsumsi voer tersebut, misalnya:

- Voer yang pada komposisi materi bakunya terdapat kandungan rumput maritim cocok untuk Kacer yang cepat panas/emosi tinggi/fighter tinggi, sebab sifat rumput maritim yang hambar sanggup membantu meredam suhu badan Kacer.

- Voer yang pada komposisi materi bakunya terdapat kandungan madu dan telur, cocok untuk Kacer yang lambat panas/kurang emosi/fighter rendah. Karena telur dan madu berguna untuk menghangatkan badan Kacer.

• Ekstra fooding (EF)

Ekstra fooding (EF) yaitu salah satu penggalan paling penting untuk memaksimalkan performa seekor Kacer, terutama untuk Kacer lapangan/Kacer lomba, sebab keuntungannya yaitu sebagai sumber protein utama yang berperan untuk mendongkrak stamina dan birahi Kacer. Karena tanpa Ekstra fooding (EF), Kacer niscaya akan loyo.

Jenis-jenis Ekstra fooding (EF) yang manis untuk Kacer antara lain:

• Jangkrik

Jangkrik yaitu hidangan Ekstra fooding (EF) yang wajib diberikan untuk semua tipe Kacer, baik itu Kacer dengan tipe fighter tinggi maupun Kacer dengan tipe fighter rendah.

Yang berbeda yaitu hidangan Ekstra fooding (EF) tambahannya. Untuk Kacer tipe fighter tinggi lebih cocok diberikan pelengkap Ekstra fooding (EF) menyerupai kroto, ulat bambu (cilung), dan ulat daun pisang yang mengandung lebih banyak air dan berprotein tinggi untuk meredam suhu badan Kacer biar tidak meningkat drastis.

Sedangkan untuk Kacer dengan tipe fighter rendah lebih cocok diberikan pelengkap Ekstra fooding (EF) menyerupai ulat hongkong (UH), ulat sangkar (UK), larva tawon, dan belalang. Beberapa jenis Ekstra fooding (EF) tersebut bersifat panas dan sanggup meningkatkan suhu badan serta tensi Kacer secara signifikan, sehingga emosinya juga akan naik.

Usahan untuk memperlihatkan jangkrik alam sebab kandungan proteinnya lebih tinggi dari jangkrik broiler.

• Ulat hongkong (UH)

Ekstra fooding (EF) ini sangat dibutuhkan untuk Kacer yang lambat panas/fighter rendah, fungsinya untuk menaikkan tensi Kacer biar emosi naik sehingga menjadi lebih kasar dan responsif terhadap keberadaan Kacer lain disekitarnya.

Ulat hongkong (UH) tidak cocok untuk Kacer dengan abjad fighter tinggi sebab akan membuatnya over emosi, tapi pada ketika cuaca dingin/hujan ulat hongkong (UH) juga sanggup diberikan untuk Kacer tipe fighter tinggi untuk menjaga suhu tubuhnya biar tetap stabil.

Karena sifatnya yang panas, ulat hongkong (UH) juga sanggup dipakai pada ketika Kacer dalam masa mabung untuk mempercepat rontoknya bulu-bulu usang Kacer.

Usahakan untuk memperlihatkan ulat hongkong (UH) yang gres berganti kulit, atau yang masih berwarna putih.

• Belalang

Belalang sebenarnya merupakan Ekstra fooding (EF) terbaik untuk Kacer sebab kandungan proteinnya yang lebih tinggi dari Ekstra fooding (EF) jenis lainnya.

Belalang sangat cocok dipakai untuk Kacer yang lambat panas/kurang fighter. Tapi sebab sulit untuk mendapatkannya, belalang sanggup kita jadikan sebagai Ekstra fooding (EF) alternatif saja. Pilihlah belalang yang masih muda/belum tumbuh sayapnya.

• Kelabang

Kelabang sanggup dijadikan Ekstra fooding (EF) alternatif untuk mendongkrak emosi Kacer yang lambat panas/tipe fighter rendah sebab sifatnya panas dan sanggup menaikkan suhu badan Kacer secara signifikan.

Sebelum diberikan pada Kacer, capit dan ujung ekornya (sengatnya) terlebih dulu harus dibuang sebab mengandung racun. Kelabang sanggup dijadikan sebagai Ekstra fooding (EF) alternatif sebab cukup sulit untuk mendapatkannya.

• Kroto

Kroto sangat dibutuhkan untuk Kacer yang over emosi/tipe fighter tinggi, sebab kroto mengandung banyak air sehingga tidak mempunyai efek yang terlalu panas kalau dikonsumsi Kacer.

Tapi kandungan protein pada kroto yang sangat tinggi sangat bermanfaat untuk mendongkrak birahi dan stamina Kacer, sehingga untuk Kacer yang mempunyai abjad fighter tinggi sangat cocok diberikan kroto sebab akan sinkron antara emosi, birahi dan staminanya.

• Ulat daun pisang

Ulat yang hidup didalam gulungan daun pisang ini sangat baik untuk dipakai sebagai hidangan Ekstra fooding (EF) untuk Kacer, terutama yang mempunyai abjad gampang emosi/tipe fighter tinggi. Kandungan air dalam ulat daun pisang bermanfaat mendinginkan suhu badan Kacer sehingga emosinya tidak terlalu meledak-ledak.

Kandungan protein ulat daun pisang juga cukup tinggi dan tentunya sangat manis untuk mendongkrak stamina dan birahi Kacer. Ulat daun pisang juga sanggup dijadikan Ekstra fooding (EF) altetnatif untuk Kacer sebab tidak gampang untuk mendapatkannya.

Sebelum diberikan pada Kacer, bersihkan dulu serbuk putih yang ada pada permukaan ulat daun pisang memakai air hingga bersih.

• Ulat bambu

Karakter ulat bambu (cilung) menyerupai dengan ulat daun pisang, sehingga sangat cocok diberikan pada Kacer yang cepat panas/mudah emosi/fighter tinggi. Ulat ini banyak dijual dikios-kios burung, jadi ulat bambu (cilung) sanggup dipakai kapan saja ketika kita membutuhkannya.

• Larva tawon

Larva tawon bersifat panas dan sanggup meningkatkan suhu badan Kacer secara signifikan. Larva tawon cocok diberikan sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Kacer yang lambat panas/kurang emosi/fighter rendah.

Tapi kalau diberikan secara berlebihan sanggup menyebabkan bulu-bulu Kacer rontok sebab larva tawon mempunyai efek panas yang lebih tinggi dari ulat hongkong (UH).

Karena itu, larva tawon juga sangat manis kalau diberikan pada Kacer pada ketika memasuki masa mabung untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulu usang Kacer.

• Ulat sangkar (UK)

Ulat kecil yang banyak terdapat dipeternakan ayam tersebut mempunyai abjad yang hampir sama dengan ulat hongkong (UH), yaitu mempunyai efek panas kalau dikonsumsi Kacer secara berlebihan.

Ulat sangkar (UK) cocok untuk Kacer yang lambat panas/kurang emosi. Ulat ini juga sanggup diberikan pada ketika cuaca dingin/musim hujan menyerupai halnya ulat hongkong (UH) dan larva tawon untuk menghangatkan badan Kacer.

• Cacing

Cacing juga sanggup kita jadikan Ekstra fooding (EF) alternatif untuk Kacer tipe fighter tinggi, fungsinya untuk menurunkan tensi Kacer yang emosinya meluap-luap. Bersihkan dulu kotoran yang ada didalam perut cacing sebelum diberikan pada Kacer.

Beberapa jenis Ekstra fooding (EF) di atas sanggup kita berikan pada Kacer sebagai Ekstra fooding (EF) harian atau hanya pada ketika menjelang lomba untuk mendongkrak performanya.

Pilihlah jenis Ekstra fooding yang cocok untuk Kacer sesuai dengan karakternya masing-masing biar karenanya lebih maksimal.

Baca juga:

Menyesuaikan perawatan Kacer dengan karakternya

Penyebab dan cara mengatasi Kacer yang kurang fighter

Terapi sauna untuk mendongkrak emosi dan mental fighter Kacer

Demikian warta perihal "Pakan dan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer". Untuk warta lain seputar Kacer, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Ekstra fooding (EF) yang umum diberikan pada Kacer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar