Minggu, 18 Januari 2009

Beberapa Manfaat Terapi Umbaran Untuk Burung an

Kandang umbaran atau polier cukup penting sebagai terapi untuk burung kicauan, apalagi untuk burung-burung lomba yang mutlak harus mempunyai stamina yang prima. Banyak sekali manfaat yang sanggup diperoleh dari terapi umbaran, diantaranya:

• Menjaga kondisi fisik burung

Dengan terbang bolak-balik didalam sangkar umbaran akan melatih fisik burung, sehingga kondisinya akan selalu fit dan prima. Stamina dan nafasnya juga akan semakin kuat alasannya ialah dengan diumbar, seluruh otot-otot badan burung digunanakan untuk bergerak.

• Menguatkan otot-otot dada dan sayap burung

Terapi umbaran akan menguatkan otot-otot dada dan sayap burung yang berdampak pada kualitas bunyi burung menjadi lebih lantang dan bertenaga.

• Menguatkan nafas burung

Dengan terbang bolak-balik didalam sangkar umbaran akan menciptakan nafas burung lebih panjang, sehingga burung lebih kuat untuk berkicau dari awal hingga tamat perlombaan.

Nafas yang panjang memang sanggup dilatih dengan penjemuran atau sanggup juga dengan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering), tapi akan lebih maksimal bila fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran, sehingga burung sanggup mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu nafas yang panjang dan stamina yang prima.

• Mencegah kegemukan

Dengan terbang bolak-balik didalam sangkar umbaran, akan lebih cepat aben kalori sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak pada badan burung.

• Mencegah stres

Dengan berada dikandang yang besar, burung sanggup lebih leluasa bergerak mengepakkan sayapnya dan juga menjadi sarana refreshing untuk burung yang sudah terlalu usang berada dalam sangkar berukuran kecil/sempit (kandang harian).

Tapi perlu diperhatikan, untuk melaksanakan pengumbaran dilarang asal-asalan saja memasukkan burung kedalam sangkar umbaran. Kita harus melihat kondisi burung yang akan kita umbar, apakah burung tersebut perlu diumbar atau justru sebaliknya, burung perlu banyak istirahat alasannya ialah kondisi fisiknya sedang tidak fit. Karena bila hingga salah penerapan, bukannya menjadi lebih baik tapi justru akan bertambah parah (ngedrop).

Burung yang kondisi fisiknya sedang tidak fit dan dipaksakan untuk berolah raga, maka kondisi fisiknya akan semakin drop alasannya ialah staminanya terkuras untuk terbang bolak-balik didalam sangkar umbaran.

Burung yang akan diumbar harus dalam kondisi fisik yang benar-benar fit, alasannya ialah pengumbaran akan sangat menguras stamina burung.

Dalam melaksanakan terapi umbaran juga harus disediakan pakan dan Ekstra fooding (EF), serta air minum yang cukup supaya burung sanggup makan dan minum semaunya.

Pemberian Ekstra fooding (EF) menyerupai jangkrik dengan porsi tanpa batas pada waktu diumbar bertujuan supaya burung tidak kehabisan tenaga, alasannya ialah suplai pakan selalu tersedia. Sebab pembakaran kalori yang besar harus di imbangi pula dengan asupan nutrisi yang memadai supaya kondisi fisik burung tidak ngedrop.

Terapi umbaran sanggup dilakukan 2-3 kali dalam seminggu supaya burung tidak kelelahan. Untuk sangkar umbaran sendiri usahakan ditempatkan di area yang terkena sinar Matahari secara pribadi supaya burung sanggup sekalian berjemur. Usahakan juga supaya penempatan sangkar umbaran kondusif dari gangguan predator menyerupai kucing dan lainnya.

Plangkringan dibentuk dengan posisi atas bawah, yaitu posisi bawah dibagian depan dan posisi atas dibagian belakang supaya burung sanggup terbang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk olah fisik burung.

Dengan melaksanakan pengumbaran secara rutin dan teratur, maka lama-kelamaan kondisi fisik burung akan menjadi semakin fit dengan stamina yang semakin prima dan nafas lebih panjang sehingga dikala dilombakan, burung akan tampil lebih maksimal dan full power.

Pada dikala pertama di umbar, biasanya burung akan terlihat ngedrop alasannya ialah belum terbiasa, tapi sehabis terapi umbaran berjalan 1-2 bulan maka jadinya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa burung yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung, alasannya ialah fungsinya mengembalikan burung menyerupai pada habitat orisinil dan kodratnya, yaitu terbang bebas mengepakkan sayapnya.

Burung yang sudah terlalu usang terkurung didalam sangkar harian tentunya tidak pernah lagi memakai sayapnya untuk terbang, dan tentunya otot-otot dada dan sayapnya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, alasannya ialah itu secara tidak pribadi kondisi tersebut akan kuat pada kualitas bunyi kicauannya.

Baca juga:

Terapi sauna untuk mendongkrak emosi dan mental fighter Kacer

Tips perawatan burung bagi karyawan yang tidak punya banyak waktu luang

Perawatan khusus untuk Cendet/Pentet lapangan

Demikian isu ihwal beberapa manfaat terapi umbaran untuk burung kicauan. Untuk isu lain seputar burung kicauan, sanggup dibaca pada artikel suara burung kicau yang lain.

Kunjungi Juga Artikel Ini : Cara mudah Beternak burung kenari
: Tips Panduan Merawat Burung Perkutut

Terapi Kandang Umbaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar